Makanan Berserat Bikin Jantung Sehat !


       Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling vital. Punya jantung yang sehat, pastinya akan hidup kita bisa lebih baik. Tapi apakah semua orang mempunyai kondisi jantung yang berfungsi baik? Belum tentu juga. Pola hidup yang tidak sehat bisa jadi pemicu bermacam-macam penyakit, termasuk sakit jantung.

       Contohnya, Michael Jackson sampai saat ini, kabar kematian King of Pop itu diduga karena ada masalah dengan jantungnya -berhenti mendadak- Istilah kedokterannya cardiac arrest atau detak jantung yang tiba-tiba berhenti. Tapi sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang berhubungan dengan jantung. Di antaranya, jantung koroner, angina sampai jantung rematik. Ada juga penyakit jantung yang hanya detaknya yang tidak normal, namanya abnormal heart rhythms. Hanya, penderita jantung yang paling banyak jumlahnya menurut data adalah jantung koroner.

       Khusus penyakit jantung koroner, biang keladi penyakitnya terletak pada pembuluh darah. Dimana pembulu arteri tersumbat sehingga aliran oksigen dan nutrisi ke jantung terhambat. Tapi walaupun begitu, ada juga obatnya. Dari yang mahal sampai yang murah. Penyakit mematikan seperti penyakit jantung, sebenarnya bisa dihindari dengan cara yang murah. Caranya dengan banyak makan makanan yang mengandung serat, terutama jenis tertentu seperti betaglukani. Konon kabarnya, jenis serat ini sanggup mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

       Serat betaglukan bisa didapat dari produk gandul olahan yang disebut oat atau havermout. Serat oat, bisa mengikat lemak dalam darah dan membuangnya bersama kotoran. Menurut penelitian di Amerika, serat oat atau gandum, merupakan serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat, tanpa harus menurunkan kolesterol baik. Serat ini mengandung glikemi yang rendah, sehingga baik juga dimakan oleh penderita diabetes.

       Menurut para ahli, bubur gandum merupakan sumber gizi yang baik karena mengandung vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi dan magnesium yang merupakan protein yang baik untuk tubuh. Agar hasilnya maksimal, takarannya harus pas. Anda cukup mengonsumsi 70 gram oat atau gandum dan tidak usah dilebihkan. Apalagi kalau dibantu dengan olahraga secara teratur, sumbatan-sumbatan yang sudah ada di dalam pembuluh darah atau bahkan yang sudah mengeras bisa kembali lancar. Kurangi juga makanan cepat saji, minuman soft drink, minuman manis lalu perbanyaklah minum air putih.

       Sumber serat lain yang bisa membuat jantung, adalah alpukat, anggur, apel, buah berry, dan jeruk. Alpukat mempunyai kandngan antioksidan, glutation dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa menetralisir radikal bebas dan lemak yang merusak organ-organ tubuh. Kalau anggur bisa memperlancar aliran darah, mencegah reaksi oksidasi kolesterol jahat dan mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Sementara apel banyak mengandung pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. So, perbanyaklah makan serat, agar jantung lebih sehat. Mau panjang umur kan ?

1 komentar:

  1. Terimakasih banyak artikel tentang kesehatan jantungnya. Sangat bermanfaat menambah pengetahuan dalam segi kesehatan.

    BalasHapus